Situs kuliner, tempat wisata, aneka camilan, makanan seru dan cihuy yang wajib anda kunjungi di dalam maupun di luar negeri.

Berwisata Ke Taman Kota Mejayan, Salah Satu Tempat Wisata Baru Kota Caruban - Madiun

Taman Kota Mejayan - Mungkin sebagian besar dari kalian tidak mengenal Mejayan namun sebaliknya anda mengenal betul dengan Caruban. Kota Mejayan adalah kota Caruban masa kini, perpindahaan pemerintahan membuat Kota Caruban beralih nama menjadi Mejayan. Meskipun sebenarnya rakyat sendiri menyukai nama Caruban dibandingkan Mejayan.

Caruban bukanlah kota besar namun terkenal karena merupakan jalanan utama. Jika dari Surabaya menggunakan bis atau kendaraaan pribadi maka anda harus melalui Caruban terlebih dahulu jika ingin ke Jawa Tengah. Begitu juga jika anda ingin ke daerah Magetan, Ponorogo, Pacitan.


Lokasi Taman Kota Mejayan

Bagi anda warga Caruban dan sekitarnya pasti sudah tidak asing dengan lokasinya karena sebelum menjadi taman kota tempat ini juga ramai sebagai bekas pasar lama dan juga pemberhentian bis. Bagi anda yang baru pertama kali ke sini Taman Kota Mejayan berada di Jl. Anggur, Purwosari, Wonoasri, Madiun.

Untuk sampai di sini anda bisa menggunakan bis jurusan Solo - Jogja jika dari Surabaya dan langsung turun ke Taman Kota atau Pasar Lama Caruban. Jika anda dari arah Jogja atau Solo bisa mencari bis jurusan Surabaya dan turun di terminal baru atau terminal lama.

Namun untuk lebih dekatnya anda  bisa turun ke terminal lama dan jalan ke arah selatan tidak sampai 1 km dan anda akan sampai di taman kota tepat di selatan Jalan utama ataau di depan toko Elektronik Sakura dan Tenang.

Jika anda malas jalan, bisa menggunakan jasa angkutan ojek, becak atau ojek online untuk sampai ke sana tidak jauh kok anda hanya perlu jalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai.
Dan untuk anda yang menggunakan mode transportasi kereta, bisa langsung turun ke Stasiun Caruban kemudian anda bisa jalan kaki sekitar 10 menit ke arah utara untuk bisa sampai ke Taman Kota atau menggunakan jasa angkutan Ojek atau Becak.

Jam Buka Taman Kota Mejayan

Taman Kota Mejayan selalu ramai dikunjungi masyarakat sekitar mulai dari pagi hari hingga malam hari. Di pagi hari biasanya di depan taman kota ada penjual beli emas, penjual bunga, samsat keliling meskipun tidak selalu ada.

Jika ingin ke tempat ini di pagi hari anda bisa datang setiap hari minggu untuk berolahraga karena ada banyak orang yang melakukan kegiatan seperti CFD. Namun untuk anda pecinta fotografi bisa datang ke sini juga kok karena pagi hari Taman Kota dalam keadaan sepi sehingga anda bisa leluasa mengambil gambar tanpa gangguan.

Meskipun di pagi hari bisa tetap datang ke sini namun masyaralat sekitar banyak yang memanfaatkan sore hari hingga malam hari untuk berwisata ke sini bersama keluarga. Ada berbagai fasilitas yang bisa dinikmati dan juga cahaya lampu dimalam hari yang membuat taman tampak indah dimalam hari.
Bahkan beberapa kali saya pernah menjumpai para fotografer mengambil foto di malam hari karena cahaya yang bagus ditambah lagi lampu kendaraan lalu lalang membuat hasil jepretan lebih bagus.

Fasilitas Taman Kota Mejayan

Ada berbagai fasilitas yang di sediakan di sini mulai dari toilet yang bersih, mushola dan juga permainan anak -  anak yang lengkap. Tempat ini bisa menjadi tempat istirahat bagi anda yang melakukan perjalanan mengingat ada toilet dan mushola yang bersih.

Untuk permainan anak - anak ada berbagai perosostan, jungkat jungkit dan aneka permainan lainnya yang bisa dimainkan oleh buah hati anda gratis. Namun jika ingin permainan lain setiap sore hingga malam ada penyewaaan sepatu roda, sekuter, mobil - mobilan dan permainan sewaan lainnya yang bisa anda pinjam dengan harga bervariasi mulai 5 ribu tergantung jenisnya.

Ada juga air mancur sebagai hiasan, berbagai tempat duduk menyerupai gazebo dan aneka fasilitas lainnya yang disediakan pemerintah. Sedangkan untuk anda yang lapar ada berbagai pedagang makanan di sekililing taman kota seperti yang berada di belakang penyewaan permainan, di sisi kanan dan kiri taman.

Tarif Masuk Taman Kota Mejayan

Untuk masuk ke area bermain ini anda tidak dikenakan biaya masuk alias gratis, anda cukup membayar biaya parkir saja sekitar Rp 2000,00. Taman kota Mejayan bukan hanya sebagai taman hijau terbuka namun juga tempat yang ramah bagi anak - anak dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar