Situs kuliner, tempat wisata, aneka camilan, makanan seru dan cihuy yang wajib anda kunjungi di dalam maupun di luar negeri.

Berikut Daftar Oleh - Oleh Khas Caruban Madiun Yang Wajib Dibawa Pulang

Oleh - Oleh Khas Caruban Madiun  -  Caruban adalah ibukota dari Madiun, namun sekarang Caruban kini berdiri sendiri sebagai kota kecil dan berganti nama menjadi kota Mejayan. Tapi meskipun kota kecil dan tidak terlalu terkenal Caruban memiliki berbagai tempat wisata dan kuliner lezat yang wajib anda cicipi.

Bukan hanya itu Caruban merupakan jalan utama penghubung jika ingin ke Surabaya atau Jawa Tengah. Jadi tidak heran jika banyak para traveller atau sopir yang menghabiskan waktu istirahat di Caruban karena letaknya yang strategis dan juga harga makanannya yang murah.

Dan bagi anda yang sedang berkunjung atau lewat ke Caruban Madiun jangan lupa mencicipi berbagai kuliner lezat dan oleh  - oleh khas Caruban Madiun berikut ini.
Oleh - Oleh Khas Caruban Madiun
Oleh - Oleh Khas Caruban Madiun

Oleh - Oleh Khas Caruban Madiun

Brem Madiun

Brem adalah makanan khas Madiun yang tidak akan kalian temui di kota manapun. Karena brem tidak bisa dibuat disembarang kota karena faktor udara dan lingkungan mempengaruhi.
Jadi tidak heran jika semua brem yang anda temui di toko oleh - oleh berasal dari Madiun.
Dan perusahaan brem yang paling terkenal adalah perusahaan brem yang berada di Kaliabu. Disini berdiri beberapa pabrik yang terus beroperasi sejak dulu hingga sekarang dan memasoknya ke berbagai toko oleh  - oleh baik di Caruban maupun kota lain. 

Anda ingin membeli brem asli Madiun ? Anda bisa langsung datang ke toko oleh  - oleh  namun jika anda ingin membeli dalam jumlah banyak kami sarankan untuk datang ke Desa Kaliabu, karena kalian bisa mendapatkan harga murah jauh dibawah harga pasaran.

Keripik Tempe

Nah buat yang pengen ngemil sehat bisa nih  coba keripik tempe khas Madiun. Seperti yang kita tahu tempe memiliki kandungan protein yang tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan harian. Bukan hanya sebagai camilan tapi keripik tempe juga bisa anda jadikan lauk sehari - hari.

Anda bisa mendapatkan keripik tempe di berbagai toko oleh  - oleh yang ada di Caruban. Tapi untuk anda yang ingin melihat proses pembuatan dan juga mendapatkan harga dibawah pasaran anda bisa datang ke sentra pembuatan keripik tempe seperti yang ada di Pilangkenceng dan daerah Saradan. 

Namun untuk anda yang melewati jalan alternatif Caruban  - Madiun bisa mampir sebentar ke Desa Ngadirejo tepatnya di Desa Ngadirejo karena ada Home Industri  yang memproduksi sambel pecel  dan keripik tempe " Tanding Roso " milik Bu Erlin. Untuk harga keripik tempe sendiri biasanya dijual antara Rp 2500 - Rp 10.000 tergantung kemasan.

Lempeng Madiun

Lempeng adalah kerupuk yang terbuat dari nasi ini memiliki rasa asin dan gurih.Selain dijadikan camilan, lempeng juga cocok disantap dengan pecel madiun. Tapi sayangnya tidak banyak home industri yang menjual kerupuk lempeng ini jadi anda bisa langsung menuju toko oleh  - oleh untuk membelinya. 

Di masyarakat lempeng dijual berupa kerupuk yang sudah digoreng namun di toko oleh - oleh biasanya anda akan mendapatkan kerupuk lempeng yang masih mentah.

Pentol Corah

Pentol corah adalah pentol yang terbuat dari kanji atau tepung tapioka dan tepung terigu yang dibentuk kotak dan dibalut dengan kulit tahu tanpa ada campuran daging di dalamnya dan disajikan dengan sambal pedas yang membakar lidah.
Camilan yang satu ini cocok anda jadikan pilihan oleh - oleh mengingat tidak semua daerah ada yang menyajikan kuliner ini. Sebenarnya ini adalah oleh - oleh khas Madiun namun jika anda berada di Caruban anda bisa menjadikannya pilihan mengingat jaraknya yang tidak terlalu jauh yaitu di daerah Corah, Rejomulyo.
Buat anda yang tidak sempat ke pentol corah di sentra Kuliner Corah anda bisa membeli pentol corah yang ada di Caruban seperti di sekitar area SMA 1 Mejayan.

Sambel Pecel Madiun

Karena sedarah atau masih satu bagian dengan kota Madiun jadi jika berkunjung ke sini jangan lupa mencicipi sambal pecel khas Madiun. Jika ingin mencicipi kelezatan sambel pecel langsung anda bisa membeli nasi pecel atau kerupuk pecel yang ada di Caruban.

Namun untuk anda yang ingin membawanya pulang anda bisa membeli sambal pecel kering yang bisa anda olah dirumah. Sambel pecel kering ini bisa tahan berbulan - bulan jika disimpan rapat di wadah tertutup. Dan untuk nada yang ingin membuat sendiri di rumah, bisa mencoba resep sambel pecel khas madiun.

Nah itu tadi oleh - oleh khas Caruban Madiun yang bisa anda bawa pulang saat berkunjung atau mampir ke kota ini. Bukan hanya oleh - olehnya anda juga harus menikmati berbagai taman terbaru kota Caruban yaitu Taman Kota Mejayan Asti, Alun - alun Kota Mejayan dan Taman Demokrasi.

 

Pencarian Terkait :

Toko Oleh - oleh, Oleh - Oleh Khas Madiun, Makanan Khas, Caruban Madiun, Sambel Pecel Madiun, Makanan Madiun, Bumbu Pecel Madiun, Sambel Pecel Madiun, Brem Madiun, Keripik Tempe Madiun Pentol Corah Madiun.

1 komentar: